Saturday 24 October 2009

Erudition…

Tidakkah kamu ingin tahu tentang rahasia di alam sekitarmu? Kita akan menjadi tahu tentang banyak hal yang akan menambah pengetahuan kita. Atau mungkin bisa menjadi renungan kita dan pelajaran untuk kita yang akan dicontohkan oleh alam yang bisa kita teladani. Di sini kamu bisa belajar sedikit tentang dunia antariksa, antara lain :


~Galaksi..

Tahukah kamu tentang galaksi. Galaksi adalah kumpulan bintang, debu, dan gas yang membentuk suatu sistem yang amat besar, yang saling berinteraksi secara gravitasional. Sistem tata surya kita berada di galaksi Bima Sakti (milky way). Mata hari terletak sekitar 30.000 tahun cahaya dai pusat Bima Sakti. Matahari bukanlah bintang yang istimewa, tetapi hanyalah salah satu dari 200 miliar buah bintang anggota Bima Sakti. Bintang-bintang anggota Bima Sakti ini tersebar dengan jarak dari satu bintang ke bintang lain, berkisar 4 sampai 10 tahun cahaya. Bintang terdekat dengan Matahari adalah Proxima Centauri (anggota dari sistem tiga bintang : Alpha Centauri), yang berjarak 4,23 tahun cahaya.

Berdasarkan perhitungan terakhir, galaksi kita diperkirakan memiliki garis tengah sekitar 100.000 tahun cahaya. Istilah tahun cahaya ini menggambarkan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam waktu satu tahun. Dengan kecepatan 300.000 km/detik, dalam waktu satu tahun cahaya akan menempuh jarak sekitar 9,5 juta juta kilometer. Ini berarti garis tengah galaksi kita sekitar 100.000 x 9,5 juta juta km, atau 950 ribu juta juta km (950 diikuti oleh 15 buah nol di belakangnya). Untuk mempermudah perhitungan, digunakan satuan jarak adalah tahun cahaya. Dengan satuan ini, tebal bagian pusat galaksi kita sekitar 10.000 tahun cahaya.



~Lubang hitam (black hole)

Lubang hitam (black hole) adalah produk akhir bintang bermassa besar yang pada akhir riwayatnya akan mengalami supernova, sedangkan inti bintang yang tersisa akan memiliki kerapatan yang amat tinggi yang menyebabkan gaya gravitasinya sangat kuat sehingga cahayanya pun tidak bisa lepas dari “permukaannya”.

Keberadaan lubang hitam bisa diketahui dari efeknya terhadap lingkungan sekitarnya. Jika lubang hitam berpasangan dengan bintang lain, ia akan menyedot materi bintang pasangannya ini. Materi yang disedot itu sebelum jatuh ke lubang hitam, akan berotasi membentuk piringan akresi. Selanjutnya gas dalam piringan akresi itu saling bergesekan dan memiliki temperatur yang amat tinggi (memancarkan gelombang elektromagetik pada panjang gelombang sinar X).





~Supernova..

Supernova adalah bintang yang mengalami peningkatan kecemerlangan hingga ratusan juta kali lebih terang dari kecemerlangan semula dalam waktu hanya beberapa hari saja. Peningkatan kecemerlangan ini terjadi karena bintang meledak dan melepaskan sejumlah energi yang amat besar. Sebagian supernova akan meledakkan habis seluruh bintang, sedangkan sebagian lainnya akan menyisakan inti bintang yang memiliki kerapatan yang luar biasa dalam bentuk bintang neutron atau lubang hitam. Bintang-bintang yang mengalami supernova memiliki ukuran sangat besar, biasanya lebih dari 8 kali massa Matahari.




Dalam ukuran dan proporsinya, setiap unsur di alam semesta teramat bijak dan cerdas dalam memaknai perannya. Mari kita lihat salah satu bintang terdekat dengan bumi kita, yaitu matahari. Ia terus bersedekah dengan memberikan potensi energi yang dimilikinya untuk menjamin kehidupan makhluk lain di tempat-tempat yang jauh jaraknya. Ia tidak pernah mengeluh. Ia terus berproses mereaksikan hidrogen secara fusi untuk menghasilkan atom ringan helium hingga menghasilkan sekumpulan elektron energi. Energi tersebut dikirim ke mana saja sihingga dapat diterima siapa saja, termasuk manusia.

Lihat pula bulan yang istiqamah dalam fungsinya sebagai satelit yang mengorbit. Dengan patuh, ia mengekor ke mana saja planet induknya pergi. Ia pun terus berusaha memantulkan “kebaikan” matahari. Keteraturan orbital serta cahaya yang ia pantulkannya menjadi penunjuk jalan, arah, serta patokan penanggalan qamariah. Posisinya mengakibatkan pula terjadinya proses pasang surut di permukaan bumi. Tak heran jika pada malam bulan purnama terjadi hal-hal “aneh” pada manusia dan hewan. Pada malam ini telur ayam berbentuk lonjong dapat berdiri tegak saat pukul 00.00 karena saat itu kekuatan gravitasi sama-sama kuat. Pada manusia darah yang naik ke kepala akibat gravitasi akan memunculkan aktivitas kelenjar-kelenjar hipotalamus dan hipofisis, sehingga manusia lebih mampu meningkatkan arus impuls dan menimbulkan pusaran logika. Pada keluarga cumi-cumi, kondisi ini akan merangsang hormon-hormon reproduksi yang mendorong mereka menjadi lebih aktif bereproduksi.

Bisakan sejenak kita renungkan keteraturan irama alam yang tersusun secara seimbang dan harmonis serta indah ini. Alangkah indahnya bila kita juga menjadi pribadi seperti matahari yang ikhlas, serta menjadi bulan yang memantulkan kebaikan. Semoga… -.-

No comments: