Friday 23 October 2009

UJIAN MAKIN DEKET, TAPI BELAJAR NGGA` INGET-INGET


Di blog ini akan dibahas bagaimana caranya mengingat apa yang telah kita pelajari. Karena otak manusia berpotensi lebih dari compact disc,flash disc,hard disc, atau s`mua yang berkaitan dengan alat penyimpan data atau memori, yang berkapasitas hingga satuan gigabytes, sementara otak manusia bisa lebih dari itu.

Penahkah anda mengalami pengalaman-pengalaman yang tak terlupakan. Suatu pengalaman yang melibatkan pengelihatan,sentuhan, rasa atau gerakan menggunakan panca indra kita umumnya sangat jelas dalam memori kita, bahkan bila semua panca indra itu terlibat pengalaman tersebut akan sangat mudah diingat.

Dalam konteks emosional, pernahkah anda melupakan cinta pertama anda, hari ulangtaun anda atau ketika momen-momen indah yang pernah anda alami? Tentu saja tidak. Namun kadang-kadang, kesedihan yang sangat mendalam dapat mengakibatkan hal yang sebaliknya dan membuat anda lupa.

Itu artiya emosional manusia berpengaruh pada daya ingat. Semakin menyenangkan atau berkesan suatu kejadian maka akan semakin melekat pada diri kita, sebaliknya semakin mengedihkan suatu kejadian maka akan semakin kita ingin melupakannya dan akan sulit diingat bila sudah benar-benar kita lupakan. Namun ada juga kejadian memalukan atau kejadian yang tidak kita inginkan tetap melekat pada ingatan kita.

Kita semua akan termotivasi untuk mengingat hal-hal yang mempunyai arti khusus bagi kita sebagai individu. Misalnya, jika anda bertemu seseorang yang anda sukai, lalu orang tersebut memberikan nomor telponnya. Kemungkinan besar anda akan mengingatnya walaupun anda tidak menuliskannya.

Dalam sejarah hidup anda pernahkan mendapatkan nilai C pada suatu pelajaran, sehingga mengharuskan anda mengulangi pelajaran tersebut untuk memperbaiki nilai. Suatu ketika ada seseorang mahasiswa yang mendapatkan nilai C pada pelajaran kimianya. Karena pilihan kariernya, ia harus mempelajari kimia lagi sebagai mahasiswa, maka setelah ia mempelajari materi yang sama untuk ketiga atau keempat kalinya akhirnya pelajaran itu bisa masuk ke otaknya dan mendapatkan nilai A pada saat itu.

Nah kesimpulanya sekarang yang harus kita lakukan agar bisa mengingat dengan baik yaitu :

* Melibatkan seluruh panca indra kita dalam mepelajari sesuatu, misalnya dibaca, ditulis ulang, didengarkan dan diresapi.

* Mengendalikan emosional kita saat belajar dengan memfokuskan pikiran dan ciptakan kondisi belajar senyaman mungkin serta menyenangkan.

* Anggaplah pelajaran yang kita pelajari itu penting sehingga kita termotivasi untuk mempelajarinya dan pacu terus motivasi kita untuk belajar

* Ulangi 3-4 kali apa yang telah kita pelajari

* Kunci mandapatkan daya ingat istimewa

Kuncinya adalah bagaimana kita mengasosiasikan berbagai hal dalam memori atau otak kita.

Walaupun sebenernya yang nulis juga belum bener belajarnya. Masih suka males-malesan, suka nunda-nunda, kadang ngga inget waktu..
Oiya tambahan lagi, jangan pernah takut, sama ujian, ulangan, semesteran atau apa pun itu. Itu semua gampang, semua ilmu bisa dipelajari dan semua otak manusia sangat berpoternsi untuk mempelajarinya. Cuma perlu usaha, kalo ilmu bisadipelajari tapi kalo kebiasaan itu susah di ilangin. Jadi jangan sampai kebiasaan buruk itu menjadi penyakit yang menggangu dan mulailah untuk merubahnya, berubahlah mulai dari yang kecil untuk kebiasaan yang baik.

No comments: