Tuesday 19 November 2013

RINATA Tetralogy #2 Na, don't panic. I'm with you

Sejak saat itu, gue sama Rinata rada renggang selama dua hari. Sabtu paginya kita udah baikan lagi, waktu itu dia ada tes online buat lowongan kerja baru dan pas dia mau login buat tesnya lewat leptopnya ternyata ga bisa dan saat itu juga dia telpon gue karna panik.

“Wawaaannn.. aku ga bisa login buat tesnya, gimana ini??”
“Coba di reload lagi, loadingnya belum selese kali.” Gue jawab telponnya sambil tiduran
“Udah aku reload tetep ga bisa juga, duhh piye ikii?” kali ini suaranya terdengar makin panik dan logat jawanya mulai keluar.
“Kamu jangan panik tenang dulu deh, mungkin servernya sibuk soalnya banyak yang akses webnya.” Gue mulai bangun, menjauh dari kasur, ambil helm, kunci kontak dan nyalain motor.
“Iya kali ya, tapi ini lama banget kalo ga bisa login gimana? Di jadwal tesnya mulai dari jam 8 pagi.”
“Nahh.. ini sekarang jam berapa? Belum jam 8 kan? Mungkin portal loginnya baru bisa dibuka jam 8 tepat.”
“Sekarang baru jam setengah 8, masa sih harus nunggu jam 8 pas? Ehh kamu lagi dimana kok suaranya brisik?”
“Aku lagi dijalan, nyari tempat cucian motor. Udah lama banget ini si mame(nama otor gue) ga dimandiin, kamu tenang dulu ya sambil berdoa biar nanti tesnya juga lancar.” Kalo yang ini gue bohong, karna gue bukan di jalan dan bukan lagi nyari tempat cucian motor. Lebih tepatnya gue udah sampe di sebuah layanan internet untuk mahasiswa di suatu kampus negeri di jogja. Dan gue udah masuk ke tempat itu sambil connect ke internet tanpa sepengetahuan Rinata yang masih dalam kondisi panik.

“Duhh tapi tetep ga bisa tenang, apa karna internetnya lemot ya? Apa harus ke warnet dulu? Kalo udah ke warnet tapi tetep ga bisa di buka gimana, malah buang-buang waktu buat ke warnetnya.”
“Na, aku bisa buka webnya tuh. Aku sekarang lagi di tempat yang koneksi internetnya kenceng, ga jadi ke cucian motor tempat cuci motornya masih tutup semua. Mendingan kamu ke sni aja deh.”
“Haaahhh?? Kamu lagi dimana itu? Masa sih udah kebuka? Di leptopku masih belum bisa kebuka Wawaann.”
“Udah ga usah ngeyel deh kalo mau debat ntar aja dari pada malah buang-buang waktu. Aku lagi di deket kamusnya adek mu, kamu ke depan kampusnya adekmu aja nanti aku jemput disitu.”
“Kamu beneran? Ga bohong kan?
“Iyaaaaa.. beneran, ga bohong. Ihh ngeyel deh! Buruan ke sini.”
“Ok. Aku ganti baju dulu.”

Percakapan telpon selesai dan gue tinggal nunggu si Rinata rempong itu dateng sambil buffering youtube. Duhh itu anak emang aneh-aneh aja, padahal kemaren masih marahan. Dianya ngajakin jogging sore-sore guenya baru bangun tidur dan males keluar lagian sepatu gue jebol ditambah masih dongkol gara-gara urusan makan yang pake acara ditunda.  Baru selese satu lagu gue buffering dia telpon lagi.

“Wan kamu dimana? Aku udah nyampe ini.”
“Ini aku lagi lari ke arahmu.” Tiba-tiba telpon terputus dan gue telpon balik.
“Haloo.. wawaann..!! mana? Ga ada orang lari.” Suaranya masih panik sambil tengak-tengok padahal gue udah di depannya.
“Ini aku di depan mu, aku pake jaket kampus warna biru.”
“Ohh itu... hehee..” kali ini sudah mulai keluar senyumnya, lega gue kalo dia udah mulai reda paniknya.
“Oke. Sekarang kamu ikutin apa yang aku ucapin, mundur ke belakang aku yang bawa motornya, trus keluarin kartu KTM mu.”
“KTM? Buat apaan?”
“Udah pokoknya keluarin aja, buruan.”
“Ini udah aku pegang KTMnya.”
“Sekarang masukin ke kantong jaketku yang sebelah kanan.”
“Udah, emang mau buat apa sih KTMnya?”
“Itu nanti buat login PC, kalo di warnet kan kita tinggal masuk bilik tuh. Nah kalo di sini harus pake kartu ID.”
“Ohh.. gitu..”

Setelah sampai gue langsung bilang sama penjaga operator layanan internetnya buat minta login PC baru yang masih kosong.

“Mbak, saya minta yang deket PC nomor 18 ya, yang di depannya juga boleh yang nomor 15 ya mbak.”
“Iya mas, silahkan.”
“Heh.. Na, ayo masuk.” Ajak gue ke Rina sambil jalan ke PC nomor 18. Dia Cuma ngikutin langkah gue sambil clingukan kaya orang bingung.
“Na, sini duduk. Ini portalnya udah aku buka, kamu tinggal login, aku temenin kamu di depan di PC 15 ya, goodluck.”
“Ehh nanti kalo ada soal yang susah aku ajarin ya, kamu login FB dong biar nanti aku chat kalo aku mau nanya”
“Iya, aku di depanmu kok.” Gue jawab sambil pasang headset ditelinga sambil login di PC 15 pake ID dari KTMnya Rinata. Posisi gue ada di PC 15 tepat di depan Rinata yang pake PC 18 yang login IDnya pake SIM C gue. Baru gue buka FB sama Youtube tiba-tiba tangannya Rina udah nyamber kepala gue.
“Aduuhh.. apa lagi sih Na?”
“Jangan pake headset Waann, nanti kalo aku panggil kamu ga denger gimana?”
“Aku denger kok, tinggal bentar lagi tesnya mulai tuh. Semangat yaa.”
“Duhh aku deg-degan.”
“Tenang aja nanti aku bantuin.”

Gue ga tau Rinata udah ngerjain berapa soal, mata gue Cuma fokus di youtube dan sesekali dia manggil gue buat nanya jawabannya. Padahal gue sendiri juga ga yakin dan ga bisa jawab juga. Dan seperti biasanya tangan jailnya Rina suka usil kali ini kepala gue digetok dari belakang sambil bilang.

“Waann.. ini gimana ngerjainnya, duhh ini jawabannya apa?” gue noleh kebelakang sambil pindah posisi duduk, kali ini gue duduk disebelahnya persis sambil ngliatin soal tes yang lagi dikerjain Rinata. Beberapa soal emang susah dan gue bener-bener ga bisa jawab apa lagi kalo udah ada itung-itungan yang rumit dan gue cuma bisa jawab.
“Duhh na, aku juga ga ngerti jawabannya.”
“Yahh salah bawa orang nih aku.” Dia bilang dengan muka sedikit kecewa dan dalam hati gue bilang “masih mending kamu bisa login, ga inget tadi pagi ngrengek-ngrengek ga bisa login ya -__-‘”

Keadaannya waktu itu ribet banget, semuanya serba ga karuan, ga ada prediksi materi soal tesnya dan ga ada yang bawa alat tulis buat corat-coretan.
“Wan, kamu bawa kertas ga?”
“Ya enggak lah, aku dateng ke sini ga bawa apa-apa. Lha emang kamu ga persiapan bawa kertas buat corat-coretan?”
“Enggak, kan tadi mendadak. Aku baru bangun tidur langsung kesini, duh corat-coretnya pake apa nih buat ngitung?” dia ngoceh sambil buka tas dan berusaha ngeluarin barang-barang yang bisa dipake buat corat-coret. Gue cuma bengong sambil ngliatin dia ngluarin isi tasnya, gila semuanya dikeluarin. Gue sampe mikir itu tas apa kantong ajaib ada dompet, cermin, perlengkapan make up, iket rambut, handphone,  kunci kos, kunci motor, pakean dalem, pembalut, kompor, panci, kulkas trus.. hmm.. stop, gue udah mulai lebay. Sampai akhirnya dia nemuin undangan pernikahan temennya tapi gue lupa nama temennya itu siapa dan dia berencana make kertas undangan itu buat corat-coretan, udangan yang baru aja dia dapet udah mau dicorat-coret ya ampun tega banget kamu sama temen mu itu na -__-“

“Ehh ini ada undangan, pake ini aja deh buat corat-coret. Duh maaf ya (nyebutin nama temennya) udanganmu aku pake buat corat-coret dulu.” Sambil buka udangannya dan nyari space kosong buat corat-coretan. Karna terlalu lama nyari corat-coretan dari tadi, nulis dan ngitung angka-angka akibatnya beberapa soal ada yang kelewatan ga dijawab dan beberapa hampir kelewatan akhirnya Cuma dijawab ngasal. Setiap satu soal hanya dibatasi waktu dua menit untuk mengerjakannya. Kasian juga gue ngliati dia ngerjain, sayangnya cuma bisa bantu dikit ya gue cuma bantu ngingetin dia kalo waktunya hampir habis.

“Na, waktunya udah abis tuh.” Kata gue sambil nunjuk ke arah timer.
“Aduhh.. ini gimana dong jawabannya.” Kembali panik sambil garuk-garuk pantat ehh garuk-garuk kepala maksud gue dan hal yang bikin gue kaget adalah, disaat yang panik seperti itu dia malah cerita dan ini adalah true story.
“Wan tau ga, dulu waktu masih sekolah aku kalo ujian trus bingung milih jawaban pilihan ganda biasanya aku baca surat dari Al-Qur’an sambil milih jawabannya.” Dia bilang gitu sambil baca salah satu surat dari Al-Qur’an dan jarinya nunjuk empat pilihan jawaban yang ada di monitor secara bergantian. Biasanya orang kalo milih jawaban kaya gini pake ngitung kancing baju, nah ini enggak. Ya ampun Na, kamu tuh anehnya amazing ya , tapi ini blog gue bukan blog dakwah, gue juga ga bermaksud ngajarin bid’ah. Emang bener baca Al-Qur’an itu ibadah tapi ga perlu niru pake cara yang gue ceritain diatas yaa.  (empat hari selanjutnya setelah tes on line hasilnya diumumkan dan Rinata lolos)
Ok. Selese ngerjain tes onlinenya gue sarapan sama Rinata, kali ini udah bener-bener baikan lagi. Duhh kadang gue juga heran kenapa gue harus baikan lagi sama cewek yang kadang nyebelin banget ini. Dan kaya biasanya kalo kita lagi makan bareng pasti banyak ngobrolnya. Pas lagi ngobrol tiba-tiba ada temen kerjanya Rina dan yang namanya cewek kalo udah ketemu sama spesies sejenisnya yaudah deh gue dicuekin.

No comments: