Thursday 18 October 2018

Tentang Doa di Sosial Media


Ini cerita tentang temen di sosial media, lebih tepatnya di twitter. Jadi belum lama ini ada salah satu temen yang ngasih undangan nikahannya. Dan pasangan nikahnya itu bukan orang jauh, dia adalah salah satu temen juga yang gue juga kenal orangnya. Awal ceritanya dari percakapan di twitter waktu itu dia ngomong gini.



“Heh @juminten lihat aja besok kalo aku udah lulus kamu pasti ngemis-ngemis minta nikah sama aku”
begitu kicau dari Paijo di akun twitternya.

“@paijo dihh! nggak akan!” begitu balasan twit dari Juminten yang singkat, ketus dan sok jual mahal.

By the way itu cuma username samaran ya soalnya pas gue cari username sama twitnya udah nggak ada di twitter, mungkin karena udah nggak pernah aktif lagi di twitter. So, walaupun jawaban twit dari Juminten itu bilang “nggak” tapi kenyataannya tujuh tahun setelah twit itu di post dan keluar di timeline gue pada akhirnya mereka memutuskan untuk menikah juga. Nah yang jadi point adalah apa yang di ucapin Paijo di twitter tujuh tahun lalu menjadi kenyataan, ya meskipun proses mereka menikahnya nggak dibumbui adegan Juminten yang ngemis-ngemis juga sih, tapi buat gue ini menarik. Karena gue inget kejadian di twitter tujuh tahun lalu itu dan gue penasaran akhirnya gue mencoba mengkonfirmasi kepada sang pemilik akun si Paijo.

“Eh.. Jo serius lu mau nikah besok sama Juminten? Inget dulu nggak waktu lu bercanda bilang di twitter kalo lu udah lulus terus mau nikah sama Juminten?” Tanya gue via Whatsapp

“Hahaa.. Iya inget, sebenernya waktu itu gue nggak bercanda Wan, emang gue serius waktu itu. Emang niat itu ngetwit begitu, kalo guu nggak ngetwit begitu gue nggak bakal dapet attention dari Juminten hahaa.” Jawab Paijo

Dan ternyata emang serius “niat” dia dan nggak bercanda. Tapi karena keadaannya waktu itu cuma nggobrol bercanda biasa jadi nggak ada yang tau kalau si Paijo memang menanamkan niat dalam twitnya. Nah yang pengen gue tekankan adalah gini, twitter atau sosial media yang lainnya apa pun itu bisa di Facebook, Instagram atau Path dan yang lain itu kalau kata orang sosial media memang bukan tempat berdoa tetapi apa yang kalian tulis di sosial media bukan tidak mungkin bisa jadi doa, ya kan? Paijo memang nggak berdoa dalam twitternya tapi jadi kenyataan, karena dia memang ada niat dan karena segala sesuatu itu berasal dari niat kan. Jadi apa pun itu yang ada di sosial media tulislah yang baik-baik, karena biasanya apa yang kita ucapkan atau kita tulis biasanya juga akan kembali pada kita sendiri.

Tapi ini bukan berarti gue nyuruh buat berdoa di sosial media ya soalnya ada pendapat kalau berdoa di sosial media tidak dianjurkan, tetep kalau berdoa harus ditujukan ke Yang Maha Kuasa. Dan lagi soal sosial media gue mulai miris karena sekarang sosial media isinya lebih banyak tentang nyinyir, entah apa itu bahasa nyinyir yang baru-baru ini populer di era masa kini dan yang jelas itu tentang menjelek-jelekan orang lain di sosial media. Okey, that’s it cukup itu dulu lain kali gue sambung lagi.

No comments: