Sunday 7 August 2016

Diandra Nafira (Sarapan I)

Senin pagi pukul 04.37 di ruangan yang cukup berantakan lebih tepatnya di kamar kost gue dan masih terdengar suara mp3 dari netbook gue dengan lagu maroon five never gonna leave this bed. Iya, gue ga akan ninggalin kasur gue karna mungkin gue terlalu sayang sama kasur gue atau karna emang cuma dia yang bisa ngasih gue kehangatan dan mimpi-mimpi basah indah, mungkin. Tapi sebenernya alasan yang lebih tepat karna gue ga ada kegiatan hari ini. Ya, ini hari senin dan gue free, gue sengaja ga ngambil jadwal kuliah dihari senin karna gue pengen ngrasain libur dihari yang kebanyakan orang benci. Diluar kamar kost sudah mulai terdengar suara mesin motor yang dipanaskan, itu suara motor temen-temen kost gue yang mau berangkat kuliah, mungkin. Sedangkan situasi di dalam kamar gue hanya ada netbook yang masih terus bernyanyi menghibur gue dengan playlistnya, tumpukan kertas laporan praktikum yang belum gue kerjain, sampah kaleng softdrink dan bungkus cemilan yang belum dibuang kemudian tidak lupa seonggok daging yang masih bernyawa yang tubuhnya dibungkus white-T dan sarung yang belum dilepasnya setelah sholat shubuh, iya itu maksudnya gue sendiri. Kira-kira segitu aja dulu prolognya, tapi tenang aja kalo masih mau baca, tulisannya masih lanjut kok.

Tidak lama, suara-suara motor dikost gue mulai menghilang kuda besi yang bersuara dari kenalpot itu sudah mengantarkan pemiliknya ke kampus dan tiba-tiba henpon gue bergetar, samsung star wifi yang bukan android, iya bukan android meskipun jaman itu sudah muncul android froyo(frozen youghurt)  Dan status gue yang masih mahasiswa masih belum mampu buat beli gadget smartphone yang akhir-akhir ini smartphone android justru membuat penggunanya lebih mirip seperti robot yang apatis dengan lingkungan sekitarnya tapi itu semua kembali lagi dari cara pemakaian dari si penggunanya sih. Henpon gue getar ternyata ada SMS masuk, SMS itu datang dari Fira temen yang gue kenal dari komunitas diluar lingkungan kampus
“Heh..! Ketombe badak, banguunn..!”
“Brisik.. udah bangun dari tadi gue.” Bales gue di sms.
“Hahaa.. sarapan yuk.”
“Wah.. ngajakin gue sarapan mau bayarin lu?”
“Cerewet.. urusan duit belakangan aja, berangkat ga nih?”
“Oke, jam berapa? Dimana?”
“Jam 8 jemput gue dikampus ya hari ini gue cuma ada kuliah 1 sks doang jadi ga bawa motor.”
“Yes Ma’am.”
Percakapan di sms pun berakhir dan gue mulai bangkit dari kubur kasur, jalan sempoyongan ambil handuk kemudian mandi. Iya gue mandi, sebernernya itu merupakan ritual yang jarang banget gue lakuin kalo gue lagi libur tapi karna gue ngrasa badan gue masih bau rokok gue terpaksa mandi. Bukan, bukan gue yang ngerokok gue bukan perokok tapi temen gue yang semalem ngajakin gue nongrong bareng, main billiard kemudian dilanjutkan minum kopi sampai jam 2 pagi alhasil badan gue ikut kecipratan bau rokok. Setelah adegan mandi selesai gue ambil ember, diterjen dan baju-baju kotor, udah pasi bisa ditebak adegan apa selanjutnya kan? Yang jelas bukan adegan romantis, ini kostan cowok dan gue bakal melakukan adegan nyuci baju karna gue ga mampu kalo harus bawa baju-baju kotor gue semuanya ke laundry padahal mbak-mbak yang jaga laundrynya cantik dan ga ada hubungannya juga sih sama cucian gue. Jam 7.40 gue selese nyuci, dan begonya gue baru sadar ternyata abis nyuci badan gue berkeringat padahal gue tadi udah mandi, kemudian gue mikir
“Duhh.. kenapa tadi ga nyuci dulu baru mandi?”
“Tapi kalo tadi gue nyuci dulu trus baru mandi kaos gue yang bau rokok ga ikut dicuci kan masih dipake.”
“Tapi kan bisa gue lepas aja kaosnya, telanjang dada sambil iket aduk di pinggang trus nyuci kan bisa.”
“Ahh.. sudah lah, udah terlanjur juga.”
Kira-kira seperti itu monolog yang berkecamuk di batin gue. Kemudian gue ambil jaket, dompet dan kunci kontak motor. Jam 7.47 gue mulai manasin motor, gue jemput Fira di kampusnya yang berada didaerah bulaksumur. Jam 7.58 gue sampai didepan kampusnya.
“Nyonya, saya sudah standby.” Sms yang gue kirim ke Fira.
“Oke Tuan On-time.” Balas Fira.
Ga lama Fira keluar dari kampusnya, dia memakai bolero cokelat, celana jeans, sepatu flat shoes dan membawa tas slempang yang berbahan seperti kain kanvas di bahu kanannya, cukup kasual model rambut shaggy dan ga terlalu banyak memakai aksesoris. Dia berjalan menuju ke arah gue yang nunggu dipinggir jalan.
“Ayok Wan, berangkat.” Ucapnya sambil naik ke motor gue dan memakai helm.
“Makan apaan nih? Kaya biasanya?”tanya gue.
“Iya sedapetnya aja yang penting makan.”
“Oke, kalo gitu soto.” Jawab gue, iya di Jogja kalo pagi menu sarapan yang paling sering ditemuin itu diantaranya soto, bubur ayam, gudeg dan lontong sayur. Ada juga sih menu lain tapi menu yang gue sebutin itu yang paling banyak kalo udah mulai sore menunya lebih banyak tentang penyetan bukan tentang kamu, bukaann. Kemudian kita sampai di warung soto yang ada di daerah Klebengan, daerah ini cukup dekat dengan Fakultas Kedokteran Hewan UGM dan Fakultas Teknik UNY jadi banyak mahasiswa yang sarapan ditempat ini. Gue langsung duduk dan nunggu Fira pesen soto.
“Soto kalih nggeh bu, sing setunggal mboten ngangge seledri”
(Soto dua ya bu, yang satu ga pake seledri)
“ngunjuk nopo mbak?”
(minumnya apa mbak?)
“teh anget kalih bu.” Jawab Fira
(teh anget dua bu)
“Heh tumben kamu minum teh anget juga?”
“Kan masih pagi Wan, sekali-kali ikutan minum teh anget deh biar kaya orang tua. Hahaa.”
“Sialan ngledek nih.”
“hahaa.. maap-maap, gimana nih Wan? Kayanya kamu lagi ada masalah ya.”
“hih sok tau, kamu sekarang udah jadi dukun atau peramal gitu ya?”
“ya ga juga sih, insting aja. Tapi benerkan ada masalah?”
“mungkin.”
“nah kan, kalo bilang mungkin pasti beneran ada. Soalnya posting di twittermu udah mulai aneh, ga lucu lagi.” Ucap Fira sambil menatap Handphone miliknya dan membuka akun twitter
“buseett, sempet banget stalking twitter. Iya sih lagi bete aja mungkin gara-gara udah masuk semester tua.”
“yakin cuma gara-gara masuk semester tua? Gara-gara SKS yang katanya ga jadi diambil itu?”
“Iya itu juga termasuk, mau tak delete aja itu SKSnya. Udah terlanjur kecewa banget.”
“Lahh kenapa dihapus? udah diambil? udah key-in kan? Gimana mau dihapus, kan udah ga bisa login buat ganti SKS juga?”
“Aduhh udah deh ga usah dibahas yang itu, tenang aja aku bakal tetep lulus tepat waktu kok. Ya setelat-telatnya satu semester deh biar ga lempeng-lempeng amat.”
“Pede banget kamu ngomongnya.”
“Iya lah. Mau taruhan? Kalo aku lulusnya lebih dari tujuh semester aku bakal sujud didepanmu trus difoto abis itu di upload di semua sosmed.”
“Ok. Deal.. Hahahaa..”
“Ketawa aja sekarang sepuasnya, soalnya hal itu ga akan mungkin terjadi.”
“Trus kalo kamu yang menang aku yang kalah, aku ngapain dong?”
“kamu do nothing aja, soalnya aku pasti menang. Hahaa..”
“Waduhh sombongnya.” Ucap Fira dan tidak lama kemudian pesanan kami pun datang disela-sela obrolan gue sama Fira
“Monggo mbak, mas.”
(silahkan mbak, mas)
 Ucap ibu penjual soto yang mempersilahkan kami untuk menikmati pesanan yang sudah kami pesan dari tadi.
“Nggih maturnuwun bu.”
(iya terimakasih bu)
Ucap Fira dengan nada ramahnya.
Kemudian ibu penjual soto pun segera kembali ke gerobak sotonya untuk menyajikan pesanan yang lain. Dan gue selalu mengutamakan makan dulu sebelum melanjutkan obrolan, ya peraturan itu ada di manual-book gue eat fisrt and talk later. Walaupun nantinya disela-sela gue makan Fira bakal ngoceh dan ngajakin gue ngobrol lagi tapi oke lah yang penting suapan pertama gue ga diganggu.
“Ehh trus kamu sekarang lagi deket sama siapa Wan?” tanya Fira. Benerkan dia ngoceh lagi.
“Ga deket sama siapa-siapa ini lagi deket sama kamu sekarang, jaraknya cuma hitungan centimeter.”
“Hihh.. bohong nih. Bukannya kamu deket sama Lisa ya?”
“Ahh.. ga jadi.” 
“lohh knapa? Padahal dia kan cantik.”
“bukan soal cantik atau ga cantik, baik atau ga baik, tapi rasanya ga klik aja.”
“dihh wan ga usah muna deh, sebutin aja apa kekurangan dia sampai kamu berubah pikiran. Apa karna ada yang kurang gede? Atau badannya kurang ramping?” ucap Fira meledek sambil menaikan salah satu alisnya.
“hiihh.. apaan sih Fir?! Bukan itu! aku kurang suka aja sama karakternya lagian dia ga bisa masak. Nasi goreng aja rasa micin.”
“heh! Kamu ga boleh bilang gitu Wan, gitu- gitu juga dia nantinya bakal jadi istri orang lain yang pastinya bakal masakin makanan buat suaminya, cewek tuh punya insting keibuan kalo udah didesak keadaan pasti mau ga mau bakal bisa masak juga.”
“hmm.. gitu, baiklah maap aku yang salah ngomong.”
“soalnya aku kan juga ga pinter-pinter amat soal masak, jadi ucapanmu bikin aku rada tersinggung.” Ucap Fira kembali, kali ini dengan raut muka yang sedikit berubah.
“Iya Fir maap.”
“maap doang, bayarin sotonya!”
“hadeeh Fira, gampang itu dibelakang aja.”
"Trus kamu maunya cewek yang kaya gimana? masih terobsesi punya cewek yang bisa bahasa inggris kaya aku? yang nilai toeflnya diatas 500? Btw nilai toefl kamu tahun ini berapa?
"Hahaa.. ga lah, emang toefl mu nyampe 500? ujian toefl ku tahun ini masih belum sesuai target sih tapi udah lebih dari cukup lah."
"Berapa emang? nyampe 400? tesnya masih di UNY?
"400 doang mah apaan, lebih lahh. Tesnya masih kaya biasanya di UNY"
“Ehh iya Wan, kalo misalnya kamu harus milih antara orang yang kamu suka sama orang yang suka sama kamu. Kira-kira kamu bakal pilih siapa”
“karna aku cowok aku bakal milih orang yang aku sukai tapi kalo misalnya aku diposisi cewek aku bakal milih orang yang suka sama aku.”
“lohh kok bisa beda gitu? Satu jawaban aja.”
“Soalnya cewek sama cowok kan biasanya berbeda caranya untuk menanggapi urusan percintaan.”
“Hmm.. trus bisa jelasin ga alesannya kenapa kamu milih orang yang kamu suka.”
“Karena orang yang kamu sukai itu bisa bikin kamu sakit hati tapi orang yang suka sama kamu bisa bikin kamu menyesal.”
“Bentar Wan, aku mikir dulu.” Ucap Fira sambil mengerutkan dahinya.
“Gimana? Udah mikirnya.”
“Yang kamu suka bikin kamu sakit hati, trus yang suka sama kamu bikin kamu menyesal. Kok kayanya ga enak semua sih, bisa dijelasin lebih rinci ga sih?”
“Jadi misal gini Fir, kalo misalnya aku suka sama cewek tapi ternyata cewek yang aku suka ga suka sama aku otomatis aku sakit hati dong, tapi kalo misalnya ada cewek yang suka sama aku tapi justru aku abaikan suatu hari mingkin aku bakal menyesal karna aku melewatkan orang yang mungkin bisa bikin aku ngrasa bahagia, mungkin. Sederhananya kamu pilih mencintai atau dicintai.”
“berarti kamu lebih memilih patah hati dong, kalo gitu aku mah mending pilih yang suka sama aku aja kalo gitu dari pada kecewa. Emangnya kamu yakin wan kamu gapapa kalo kamu patah hati?”
“Makanya tadi aku ngasih dua jawaban diposisi sebagai cowok dan cewek. Kalo aku sendiri patah hati sih emang ga enak sih kayanya tapi mungkin emang udah takdirnya kaya gitu kalo perempuan itu adalah makhluk yang takdirnya dicintai sedangkan laki-laki ditakdirkan untuk mecintai dan menjaga.”
“Trus kamu pernah ngrasa nyesel ga sih wan? Kalo misalnya ada cewek yang suka sama kamu trus kamu abaikan atau kamu bakal tetep ngejar cewek yang kamu suka?”
“Nahh itu pertanyaan bagus. Pertanyaan selanjutnya adalah ‘ada kah perempuan yang menyukai saya?’ arah obrolanmu kesitu kan Fir?”
“Hahahaa.. iya bener juga ya, emang ada yang suka sama kamu Wan? Hahaa.. tapi serius ihh. Kamu pernah ngrasa nyesel ga?”
“hmm.. kayanya sih pernah Fir, tapi kan itu udah berlalu banget mungkin dulu karna aku masih sering kepikiran Nira sampai aku ga noticed kalo ada orang deket. Tapi ga tau juga deh.”
“Ahh kamu mah bukan ga noticed tapi emang ga peka atau mungkin kamu ga mau membuka hati buat orang baru. Tepat didepanmu ada orang cantik juga kamu ga pernah nglirik.”
“Duhh Fir.. yaudah kita sekarang jadian aja gimana?”
“Hahaa.. emoh Wan, wis kagol. Ngajak jadian tapi cuma kaya orang nanya, hihh apaan ga romatis.” Ucap Fira kali ini sedikit ketus.
“Ya ampun lama-lama ini obrolannya makin konyol.”
“Haha.. kayanya kamu berbakat jadi playboy deh Wan atau emang jangan-jangan kamu emang beneran playboy?”
“Enak aja, enggak Fir. Masa cowok baik-baik kaya aku dibilang playboy.”
“Dan biasanya  playboy itu ga mau ngaku di depan calon korbannya.”
“Yaelah, beneran enggak  Fir. Kaya baru kenal aku aja.”
“Trus biasanya playboy itu bakal tetep ga ngaku atau ngulangin kalimat yang hampir sama buat meyakinkan calon  korbannya.” ucapan FIra yang bermaksud ngledek buat yang kedua kalinya.
“Iya aku playboy Fir! gimana kalo kita berantem aja sekarang?!” sentak gue sedikit kesal.
“Hahaa..  kalo jawabanya kaya gitu ga termasuk ciri-ciri playboy berarti kamu bukan. Hahaa.. becanda Wan, yaudah pulang yuk, abis ini aku mau shoping sama Nita.”
“Hadeehh.. Mau beli apaan?”
“Ga beli apa-apa cuma cuci mata aja.. hehee..”
“Dasar wanita, yaudah yuk cabut.”
“Bentar, aku mau pake lipstik.”
“duhh biar apa coba pake lipstik abis makan.”
“biar cantik lah.. hehee.”
“Nih ya bibirku yang bawah warnanya lebih merah dari bibirmu walapun aku ga pake lipstik.”
“Ehh Iya. Kok bisa gitu sih? Kamu pake lipstik juga ya?”
“Enggak lah, ini karna aku ga ngerokok kaya kamu. Makanya kamu berhenti ngerokoknya.”
“hihh.. brisik, iya besok aku berhenti ngerokoknya. Yuk pulang.”
setelah gue bayar makanannya gue nganterin Fira pulang ke kostnya karna dia mau shoping sama Nita katanya, sedangkan gue puter balik menuju perpus kampus gue yang dulu terletak tepat didepan Kopma UGM tapi sekarang Perpus Pusat sudah pindah di belakang GSP UGM. Gue masuk parkiran dan ambil kartu parkir ke bapak penjaga parkirnya yang sedikit tersenyum ramah dan gue bales senyumnya mungkin dia sudah hafal sama wajah gue yang sering keluar masuk perpus buat tidur kalo lagi ga ada kuliah.



to be continued...

No comments: